Selasa, 17 Desember 2019

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Dasar, Organisasi Filantropi Sukanto Tanoto Jalin Kerja Sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta


Tingkatkan Kualitas Pendidikan Dasar, Organisasi Filantropi Sukanto Tanoto Jalin Kerja Sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta

Sumber: tanotofoundation.org
Pendidikan adalah hak bagi setiap warga negara. Dengan pendidikan yang berkualitas, setiap warga negara memiliki peluang yang sama untuk meraih kesuksesan. Hal tersebut sangat diyakini oleh Sukanto Tanoto dan sang istri. Karena alasan ini jugalah, sang pendiri grup Royal Golden Eagle tersebut mendirikan organisasi filantropi Tanoto Foundation.

Sejak pertama kali didirikan pada tahun 1981, Tanoto Foundation telah menjalankan berbagai program yang berfokus pada pendidikan. Kerja sama terus dijalin demi membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah kerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan dasar.

Berkolaborasi Melalui Program PINTAR Tanoto Foundation


Tanoto Foundation merupakan organisasi filantropi yang berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Di sisi lain, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu universitas terbaik Indonesia yang telah banyak melahirkan tenaga pendidik bangsa. Dengan kredibilitas dan kapabilitas yang dimiliki, kedua menjalin kerja sama pada 13 Januari 2020 lalu.

Kerja sama antara organisasi bentukan Sukanto Tanoto dengan UNY ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan Nota Kesepahaman antara Rektor UNY yakni Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M. Pd., dan Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation Margaretha Ari Widowati yang berlangsung di ruang Sidang Utama Senat UNY. Dalam agenda tersebut, CEO Global Tanoto Foundation Satrijo Tanudjojo juga menjadi saksi atas kerja sama yang akan dijalin.

Selama ini, Tanoto Foundation telah melatih dan mendampingi guru, kepala sekolah, pengawas, komite sekolah hingga dosen LPTK lewat program bertajuk PINTAR (Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran).

Program PINTAR sendiri memang didedikasikan untuk meningkatkan hasil belajar para siswa. Dengan pola pembelajaran aktif MIKIR, para siswa tidak hanya diajarkan tentang apa yang perlu mereka ketahui. Mereka juga dididik untuk menjadi pembelajar aktif dengan mengalami, interaksi, komunikasi dan refleksi.

Dalam kolaborasi ini, organisasi filantropi bentukan Sukanto Tanoto nantinya akan memfasilitasi dosen-dosen di LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) agar mampu menerapkan perkuliahan yang lebih menekankan pada praktek mengajar. Para mahasiswa yang akan menjadi calon guru akan mendapatkan pelatihan yang relevan dengan kondisi dunia pendidikan saat ini.

Dengan kerja sama yang terjalin, diharapkan nantinya para lulusan UNY, khususnya yang telah mengikuti pelatihan di LPTK menjadi lebih siap untuk mengajar. Lebih jauh lagi, diharapkan para lulusan bisa memberikan pendidikan yang berkualitas di manapun mereka mengajar nanti.

Program PINTAR Untuk Meningkatkan Kualitas Guru


Di era sekarang, pola pembelajaran pasif tidak lagi efektif untuk mencetak generasi unggulan. Pendidikan juga harus bisa mendorong para siswa untuk lebih cerdas dalam mengatasi permasalahan. Pola pembelajaran aktif inilah yang terus didorong oleh Tanoto Foundation. Lewat program PINTAR, organisasi filantropi bentukan Sukanto Tanoto ini memfasilitasi para guru agar bisa menerapkan pola pembelajaran aktif dan meningkatkan budaya membaca.

Program PINTAR sendiri merupakan salah satu program andalan Tanoto Foundation dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Ada dua pendekatan utama yang digunakan dalam program ini, yakni memperbaiki kualitas pembelajaran dan kepemimpinan sekolah. Karena itulah, selain berfokus pada pelatihan guru, Tanoto Foundation juga memberi pelatihan manajemen dan kepemimpinan kepada kepala sekolah dan komponen-komponen lain dalam organisasi sekolah.

Organisasi filantropi bentukan Sukanto Tanoto ini juga menjalin kerja sama dengan LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan). Sedikitnya ada 10 LPTK di 5 provinsi yang telah menjalin kerja sama dengan Tanoto Foundation. Dengan menekankan pada praktek mengajar, diharapkan program ini dapat membantu mencetak guru-guru berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar