Selasa, 18 Februari 2020

Praktis dan Tidak Perlu Mengantre, Yuk Kenali 6 Cara Bayar BPJS Kesehatan Online


Praktis dan Tidak Perlu Mengantre, Yuk Kenali 6 Cara Bayar BPJS Kesehatan Online

Sejak tahun 2019 pemerintah resmi menaikkan iuran BPJS Kesehatan hingga 100 persen, disahkan melalui Peraturan Presiden Nomor 75. Sejumlah aturan juga tengah dipersiapkan pemerintah, ada sanksi bagi nasabah yang nunggak bayar iuran. Namun sanksi ini sedikit diabaiakan oleh masyarakat, akibatnya banyak kasus penunggakan yang tak terselesaikan. Untuk itu dalam rangka menghindari denda, pemerintah menyediakan fasilitas cara bayar BPJS Kesehatan Online.

Tidak Perlu ke Kantor BPJS Cukup Lewat Online

1. Pembayaran Melalui ATM
Peserta BPJS bisa melakukan pembayaran langsung lewat ATM khusus, yang sudah bekerjasama dengan pihak BPJS. Bank-bank yang namanya sudah besara dan dipercaya masyarakat seperti BRI, BNI, BTN, Mandiri dan BCA. Cara ini dianggap lebih mudah dibandingkan harus mengantre di loket pembayaran. Apabila tidak sempat ke ATM, anda juga bisa melakukan pembayaran lewat mobile banking. Tinggal daftarkan nomer rekening ke bank bersangkutan, lalu bisa bayar kapan saja dan dimana saja.

2. Pembayaran Lewat Aplikasi
Kini BPJS mengikuti trend masyarakat, menggunakan fitur pembayaran melalui aplikasi mobile JKN-KIS. Lewat aplikasi ini peserta tidak hanya bisa membayar iuran, namun bisa juga melakukan pendaftaran, penggantian kelas, atau cek total tagihan iuran. Anda juga bisa menggunakan metode autodebit pada aplikasi JKN-KIS, tapi hanya nasabah Bank Mandiri yang bisa memprogram cara tersebut.

3. Melakukan Pembayaran di Alfamart atau Indomaret
Cara bayar BPJS Kesehatan online ini tinggal memberikan nomer BPJS kepada kasir, beserta nomer handphone yang terdaftar saat pendaftaran. Lalu peserta tinggal membayarkan iuran sesuai tagihan yang tertera. Anda akan dikenakan biaya admin secara otomatis sebesar 2500 rupiah. Jika kasir sudah selesai memproses pembayaran, anda akan mendapatkan bukti struk sebagai tanda telah membayar iuran.

4. Melalui E-commerce
BPJS berkolaborasi dengan e-commerce dan fintech terkait kemudahan membayar. Beberapa e-commerce sudah bergabung, seperti Gopay, Tokopedia hingga Blibli.com. Contohnya pada platform blibli.com, pertama anda login dulu kedalam platform. Lalu klik ‘lainnya’ tepat diatas banner promo, arahkan ke laman web baru dan klik ‘selengkapnya’. Kemudian pilih BPJS, mulai isi nomor peserta BPJS dan periode bayar. Klik ‘lihat tagihan’ dan secara otomatis total tagihan akan keluar serta lakukan pembayaran.

5. Pembayaran Lewat E-banking
Sejak diijinkannya cara bayar BPJS Kesehatan online oleh pemerintah, bank-bank mulai menambah fitur pembayaran BPJS melalui mobile banking. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para nasabah dalam membayar iuran. Tidak perlu repot mengantre di loket BPJS yang menghabiskan banyak waktu serta tenaga. Anda pun bisa melihat total tagihan sebelum jatuh tempo. Jadi anda bisa mempersiapkan diri dan menyempatkan waktu.  

6. Mengecek Tagihan Lewat Website BPJS
Mungkin ini bukan salah satu cara bayar BPJS Kesehatan online, karena hanya lewat website yang memuat informasi. Namun anda bisa mengantisipasi penunggakan iuran dari website. Tujuannya untuk mengecek total iuran yang nantinya akan dibayarkan. Sehingga peserta BPJS bisa mempersiapkan tagihan jauh-jauh hari, bahkan bisa membayar sebelum atau saat jatuh tempo. Sekedar pengingat jadwal bayar karena bagaimanapun manusia mudah lupa.

Di tengah aktivitas padat dan hampir tidak ada waktu, sistem pembayaran online mulai diterapkan. Tujuannya untuk memudahkan peserta BPJS untuk membayar, sehingga tidak lagi ada alasan untuk penunggakan. Kehadiran e-commerce seperti blibli.com turut meramaikan usaha pemerintah, dalam rangka kemudahan pembayaran untuk masyarakat. Memberi fasilitas yang efektif dan efisien, jadi baik pemerintah serta kepentingan masyarakat bisa berjalan seimbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar