Jumat, 29 November 2019

Batasi Konsumsi 6 Jenis Makanan dan Minuman Ini, Karena Bisa Menjadi Penyebab Gigi Berlubang


Batasi Konsumsi 6 Jenis Makanan dan Minuman Ini, Karena Bisa Menjadi Penyebab Gigi Berlubang

Kondisi seperti gigi berlubang pastinya pernah dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Sebenarnya ini adalah hal yang normal terjadi, apalagi jika seandainya kondisi mulut terlalu asam. Pastinya akan mudah menyebabkan pengeroposan pada gigi. Itulah penyebab gigi berlubang, hanya saja masalahnya memang tidak sampai disitu, selain mengalami perubahan ukuran dan juga warna, pastinya juga disertai dengan rasa sakit. Bahkan tidak dapat dipungkiri jika seandainya rasa sakit yang dipicu oleh gigi berlubang ini sering kali tidak tertahankan.

Tentunya Anda sendiri sudah pernah merasakannya bukan, bahkan berbagai macam upaya dilakukan untuk bisa menyembuhkan nyeri yang tidak tertahankan tersebut, mulai diantaranya adalah menggunakan bahan-bahan alami untuk pengobatannya, sampai memakai obat-obatan medis. Sebenarnya gigi berlubang ini sendiri dapat dicegah melalui beberapa cara, selain dengan rutin menjaga kebersihan gigi dengan menggosoknya secara teratur. Maka Anda juga dapat menghindari beberapa jenis makanan dan minuman ini. Karena memang bisa memicu lubang pada gigi, diantaranya adalah:

  1. Permen asam, faktanya memang permen asam menjadi penyebab utama gigi mudah keropos. Hal ini disebabkan karena ia secara perlahan nantinya akan merusak bagian enamel gigi, jika sudah tipis maka gigi akan jadi lebih mudah pecah. Apalagi jika seandainya Anda juga tidak rajin di dalam menggosok gigi, tentunya plak akan menempel semakin tebal dan juga lama kelamaan akan merusaknya.
  2. Soda, minuman berkabonasi ini mengandung glukosa atau gula dalam jumlah yang tinggi. Sehingga bisa menyebabkan kondisi mulut menjadi kering, jika mulut kering maka akan memicu bakteri lebih mudah berkembang biak di dalamnya dan menyebabkan gigi berlubang. Bahkan mereka yang terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda juga akan merusak estetika dari gigi tersebut, membuat warnanya perlahan berubah menjadi kuning dan juga gelap.
  3. Es batu, bagi Anda yang memiliki hobby di dalam mengunyah es batu, maka mulai dari sekarang kurangi kebiasaan tersebut atau jika bisa harus dihindari. Karena dengan suhunya yang dingin dan juga teksturnya yang keras, maka akan mempermudah lapisan enamel gigi menjadi terkikis dan juga rusak. Jika lapisan pelindung gigi paling luar ini sudah rusak, maka nantinya membuat gigi akan jadi mudah keropos.
  4. Buah kering, dibandingkan dengan buah segar, maka tidak bisa dipungkiri jika seandainya buah-buahan yang diawetkan, khususnya adalah dikeringkan mengandung gula yang tinggi jumlahnya, teksturnya juga menjadi sedikit lengkap, sehingga ketika dikonsumsi nantinya mudah untuk menempel pada lapisan luar gigi tersebut yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan. Gigi akan berlubang bahkan juga memunculkan rasa sakit.
  5. Acar, meskipun segar dan nikmat dijadikan sebagai pendamping makanan, namun kandungan asamnya tinggi. Makanan yang satu ini akan mengubah pH yang ada di dalam mulut menjadi asam, ketika kondisinya asam maka mudah sekali untuk merusak gigi, membuatnya menjadi keropos dan berlubang.
  6. Alkohol, minuman yang satu ini memang memiliki dampak buruk bagi kesehatan, termasuk diantaranya adalah gigi, memicu dehidrasi dan kondisi mulut yang kering, sehingga kemudian memicu bakteri untuk berkembang biak di dalamnya, sehingga resiko kerusakan pada gigi juga jadi semakin tinggi.

Jangan sepelekan hal di atas, karena bisa jadi penyebab gigi berlubang, kurangi konsumsinya atau jika perlu dihindari. Imbangi juga dengan kebiasaan sehat menjaga kebersihan gigi dan rutin melakukan pemeriksaan 6 bulan sekali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar