Senin, 12 Maret 2018

Manfaat Olahraga Saat Puasa Cek Sekarang


Manfaat Olahraga Saat Puasa Cek Sekarang

Waktu berpuasa adalah waktu yang melelahkan bagi beberapa orang. Tidak adanya asupan air serta makanan ke dalam perut terkadang membuat seseorang tak bersemangat dan lemas.

Oleh karena itu, sering kali aktivitas berat macam olahraga berusaha dihindari. Padahal melatih otot di saat berpuasa memiliki manfaat tersendiri yang tidak bisa didapatkan lewat kegiatan biasa. Berikut ini adalah keuntungan-keuntungannya.

1. Lebih mudah membakar lemak

Tidak adanya asupan yang masuk ke dalam tubuh membuat olahragamu lebih efektif. Umumnya beberapa makanan yang ke dalam tubuh berubah menjadi lemak dan pada akhirnya tertimbun karena kondisimu yang jarang bergerak.

Dengan tidak adanya asupan makanan, maka tidak ada pula penimbunan lemak pada perut. Pada akhirnya, olahraga yang kamu lakukan menjadi sangat efisien untuk membakar lemak tersebut.

2. Mengembalikan waktu biologis otot dan otak

Apakah kamu memiliki pola tidur yang tidak menentu beberapa waktu belakangan ini? Dengan berolahraga saat puasa, waktu tidur tersebut dapat berubah dan kembali seperti semula.

3. Meningkatkan produksi hormon testoteron

Berolahraga dalam kondisi berpuasa membuat kamu bisa mengatur produksi hormon sesuka hatimu. Bahkan hanya cukup menunda makanmu beberapa jam sebelum berolahraga saja mampu membuat fisikmu berjalan lebih baik dan lebih tahan lama. Terlepas dari itu, hormon testosteron juga lebih mudah diproduksi ketika berolahraga dalam kondisi puasa.

4. Lebih mudah membentuk otot

Perlu kamu ketahui ketika berpuasa, produksi hormon insulinmu akan beroperasi dengan cara berbeda. Ketika kamu makan sebelum berolahraga, hormon insulinmu akan naik dan meningkatkan produksi lemak.

Pada akhirnya ketika kamu berolahraga dengan kondisi setelah makan, energi yang kamu kerahkan tidak digunakan untuk menambah massa otot, melainkan membakar lemak dalam tubuh. Itulah kenapa berolahraga sambil berpuasa lebih cepat menambah massa otot.

5. Tubuhmu bisa tampak lebih muda

Bertambahnya massa otot juga baik terhadap penampilanmu. Itu membuat kulitmu makin kencang dan memberikanmu tampilan yang lebih muda. Tak hanya itu saja, serat ototmu juga terus muda yang berarti meningkatkan tingkat energi bagi pria maupun wanita.

6. Mengurangi depresi

Depresi terkadang datang di saat berpuasa lantaran kalian terus merasakan dan memikirkan lapar dan haus yang melanda. Belum lagi ditambah pikiran yang lain. Berolahraga mampu mengurangi hal tersebut.

Kegiatan mengeluarkan keringat ini menyibukkanmu dan membuatmu lupa waktu. Alhasil, waktu berpuasa pun tidak terasa.

7. Meningkatkan kemampuan atletis

Saat berada dalam kondisi puasa, olahraga mengajarkan tubuhmu untuk menggunakan energi lewat lemak. Lewat  melakukan proses itu, secara metabolisme tubuhmu menjadi lebih fleksibel yang secara otomatis meningkatkan kemampuan atletismu. Tubuhmu terasa lebih ringan dan berenergi.

Yang perlu diperhatikan dalam olahraga saat berpuasa adalah porsinya. Saat kamu berolahraga berat, kamu harus segera mengisi perutmu untuk mengembalikan tenaga yang keluar setelah mengeluarkan keringat.

Jika tidak, olahraga ini malahan bisa berbalik memberikan dampak negatif ke dirimu. Jadi tetap jangan anggap enteng olahraga tanpa makan dan minum ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar