Minggu, 20 Januari 2019

Hal Yang Dilarang Saat Menggunakan Fasilitas Umum

Hal Yang Dilarang Saat Menggunakan Fasilitas Umum

Tak bisa dipungkiri, wajah beberapa fasilitas umum hari ini begitu menyedihkan. Misalnya saja toilet umum yang begitu bau, atau bangku taman yang ada di pusat-pusat kota sering menjadi bahan coretan pengguna jalan. Jangan sampai perilaku buruk seperti ini menjadi kebiasaanmu ya.

Sudah seharusnya sebagai masyarakat yang baik, kita tertib dan ikut merawat fasilitas umum yang telah dibangun pemerintah untuk kebutuhan publik. Ingatlah, fasilitas umum dibangun dari uang pajak masyarakat, maka sudah seharusnya kita semua turut andil menjaga fasilitas tersebut. Berikut ini 5 Hal yang jangan kamu lakukan saat menggunakan fasilitas umum.

1. Membuang sampah sembarangan

Perilaku ini sangat sering kita temui saat berada di fasilitas umum, mulai dari puntung rokok, sampah makanan ringan, sampai sisa makanan terkadang teronggok begitu saja baik itu di taman kota, atau di trotoar jalan. Ketahuilah, membuang sampah sembarangan bukan sebuah tindakan keren yang perlu diapresiasi, melainkan sebuah tindakan yang mencerminkan kemunduran nilai-nilai yang dianut seseorang.

Jika kamu tidak menemukan tong sampah di sekitarmu saat berada pada fasilitas umum, kantongi sampah tersebut terlebih dahulu dan buanglah ketika sudah menemukan tong sampah. Mari budayakan untuk gak buang sampah sembarangan. Dengan begitu kamu turut berkontribusi menciptakan lingkungan yang bersih.

2. Menggunakan toilet umum tanpa etika

Kalau yang ini tentu sering kita temui saat masuk toilet umum. Terkadang masih ada orang yang tega membuang kotorannya di toilet lalu tidak membersihkan alias menyiram kotoran tersebut. Alhasil, toilet pun menjadi bau dan membuat pengguna toilet lainnya menjadi tidak nyaman. Sebagai manusia, tentu kita harus berakhlak baik dan tidak menzalimi orang lain, menggunakan toilet umum tanpa etika seperti tadi tentu merupakan bentuk perbuatan zalim, karena meninggalkan kotorannya untuk orang lain. Kapan Indonesia akan maju jika kita tidak mau merawat toilet umumnya sendiri?

Sebagai fasilitas umum, toilet umum menjadi vital dan selalu digunakan masyarakat, untuk itu kita harus memiliki etika dan selalu menjaga kebersihan toilet umum ya. Jangan ragu untuk memberitahu pengguna toilet lain jika kamu melihat langsung perilaku buruk yang orang lain lakukan dalam menggunakan toilet umum, seperti tidak menyiram setelah buang air kecil, maka jangan takut untuk menegurnya. Tegurlah dengan sopan dan ingatkan dia bahwa perilaku tersebut tidak benar. Mari bersama-sama kita jaga kebersihan toilet umum yang ada.

3. Kencing sembarangan

Ketika seseorang kencing sembarangan, maka akan timbul aroma pesing yang akan mengganggu orang lain. Mungkin kita sering menghirup bau pesing saat berjalan di trotoar atau di pinggir jalan. Ketahuilah, kencing sembarangan adalah perbuatan buruk. Jika memang sudah kebelet ingin buang air kecil, kamu bisa berhenti sejenak di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang juga menyediakan toilet umum. Kamu juga bisa singgah di masjid atau musala untuk menumpang buang air kecil.

4. Mencoret bangku taman

Fasilitas bangku taman sangat membantu setiap orang yang ingin beristirahat sejenak setelah letih berkeliling. Tentunya, duduk di bangku taman dengan suasana asri dari pepohonan yang rindang sangat asyik sekali. Namun demikian, suasana asyik itu akan rusak ketika bangku taman yang kita duduki sudah ada coretan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab.

Kalau sudah begini, potret bangku taman sudah tidak indah lagi. Begitu juga dengan fasilitas bangku yang disediakan pemerintah di trotoar jalan seperti di kota-kota besar. Kita sudah sepatutnya menjaga agar bangku-bangku tersebut tidak rusak dan hilang keindahannya lantaran dipenuhi coretan sana-sini.

5. Menjadikan trotoar jalan untuk parkir kendaraan

Perbuatan ini kerap dilakukan oleh beberapa pengguna jalan yang dengan sembarangan memarkir kendaraannya di trotoar. Padahal sudah jelas bahwa trotoar adalah media bagi pejalan kaki untuk bisa leluasa berjalan tanpa ada halangan. Masalah parkir di trotoar ini seolah menjadi masalah yang tak pernah tuntas, sebab masih ada saja oknum yang masih memarkir kendaraannya di trotoar.

Ingatlah, memarkir kendaraan di trotoar sama juga dengan merampas hak pejalan kaki. Ini karena trotoar yang mereka lewati dihalangi oleh sejumlah kendaraan yang parkir. Selain mengganggu pejalan kaki, memarkir di trotoar juga bisa memicu kemacetan. Untuk itu yuk kita bijak menggunakan trotoar.

Demikianlah, 5 hal yang tidak boleh kamu lakukan saat menggunakan fasilitas umum. Rawat dan jaga selalu fasilitas yang ada. Semua yang dibangun untuk kemaslahatan masyarakat bersama, untuk itu tanamkan dalam diri kita masing-masing agar selalu peka menjaga fasilitas umum ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar